Publikasi

Pemantauan Kualitas Air di Sungai Petung Tahun 2024

Pemantauan dilaksanakan oleh petugas pemantau perum Jasa Tirta I Malang didampingi tim DLHKP Kota Pasuruan pada tanggal : 29 April 2024, 6 Juni 2024, 5 Agustus 2024, dan 23 September 2024 di lima titik pantau yaitu :

    1. Hulu Petung, Bakalan, Bugul Kidul
    2. Jembatan Bakalan, Jl. K.H. Hasyim Ashari, Bugul Kidul
    3. Jl. Ki hajar Dewantoro, Blandongan, Bugul Kidul
    4. Jembatan Buk Wedi, Jl. Ir. H Juanda, Bugul Kidul
    5. Hilir Petung, Bintingan, Bugul Kidul.

Pemantauan kualitas air di sungai Petung meliputi pengukuran debit, analisis parameter fisika dan parameter Kimia sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup yaitu parameter :

    • derajat keasaman (pH);
    • oksigen terlarut (DO);
    • kebutuhan oksigen biologi (BOD);
    • kebutuhan oksigen kimiawi (COD);
    • padatan tersuspensi total (TSS);
    • nitrat (NO3-N);
    • total fosfat (T-Phospat);
    • fecal coliform (Fecal Coli).

Hasil pemantauan setiap parameter disandingkan dengan Baku Mutu Air Kelas II Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dapat dilihat pada Hasil Pemantauan Sungai Petung 2024.

Dari hasil pemantauan kualitas air sungai Petung diperoleh Indeks Kualitas Air (IKA), yaitu nilai komposit parameter kualitas air dalam suatu wilayah pada waktu tertentu sungai petung sebesar 50 atau kategori Sedang dapat dilihat pada Perhitungan Pij Pencemaran Air dengan Indeks Pencemaran Air (Ipj) Sungai Petung sebesar 2,30 atau kategori Cemar Ringan. Semakin rendah nilai IPj artinya pencemar yang ada semakin sedikit, begitupun sebaliknya jika IPj semakin tinggi artinya pencemar yang ada semakin banyak.

Berikut perbandingan indeks pencemar pada Sungai Petung dari tahun ke tahun :

Dari hasil perbandingan tersebut, dapat diketahui bahwa tingkat pencemaran di Sungai Petung masih fluktuatif. Dengan adanya publikasi pemantauan kualitas air Sungai Petung diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga kualitas air sungai sehingga indeks pencemaran Sungai Petung dapat ditekan.

#Mari Bersama Menjaga Kualitas Air Sungai#