PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL DAN PENANAMAN POHON DALAM RANGKA HUT KOTA PASURUAN KE 334

Panggungrejo –

Hari Peduli Sampah Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 2005 tepat setelah terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari. Adanya insiden tersebut menjadi pemicu untuk dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional. Adanya hari peringatan ini juga menjadi pemicu supaya Indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN 2020) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2020 dengan tema “Indonesia Bersih untuk Indonesia Maju”. Kota Pasuruan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2020 dan Penanaman pohon dalam rangka HUT Kota Pasuran ke 334, pada hari jumat tanggal 28 Februari 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh TNI, POLRI, FORPIMDA, komunitas pecinta alam, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat (kader lingkungan),dan sekolah-sekolah di Kota Pasuruan.Penanaman pohon dilakukan di sekitar Jalan Hangtuah Kelurahan Ngemplak, Kecamatan Panggungrejo. Penanaman pohon dilakukan di 80 titik lokasi, sebelum melakukan penanaman pohon kegiatan yg dilakukan adalah pembersihan lokasi dari sampah. Untuk mengurangi timbulan sampah anorganik dalam pelaksanaan kegiatan,  konsumsi yang disediakan juga sebisa mungkin meminimalisir timbuknya sampah plastik seperti menggunakan kerangjang bambu sebagai wadah makanan,tidak tersedianya air minum dalam kemasan (AMDK).

Kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020 ini dilakukan sebagai bentuk pencanangan Gerakan Tanam Pohon Keliling (GERTALING)oleh Plt.Walikota ,adanya GERTALING dilakukan sebagai bentuk peningkatan persentase indeks tutupan lahan yang ada di Kota Pasuruan.

Hari Peduli Sampah Nasional dapat dirayakan dengan cara melakukan aksi nyata bersama seperti melakukan kegiatan kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya. Dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional, diharapkan kepedulian masyarakat Kota Pasuruan terhadap sampah semakin meningkat.

About Admin

Check Also

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup 2022 Kota Pasuruan