GESPER (GEREBEK SAMPAH PESISIR)

EDUKASI OLEH DLHKP DAN HAKLI

PESERTA PEWAKILAN KOMUNITAS/ORGANISASI DI PASURUAN

Sampah berada diantara kita semua dalam kehidupan sehari-hari; dan selalu ada, bersumber dari segala tempat, terutama rumah tangga, industri, pasar-pasar dan dari berbagai aktivitas manusia lainnya. Sampah menjadi persoalan yang sangat serius dengan multi dimensi forward and backward linkages, sehingga pelibatan seluruh komponen masyarakat menjadi penting dan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus sungguh-sungguh diperlukan.

Pada peringatan HPSN tahun 2021 ini diambil tema peringatan : “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”. Sampah juga menjadi salah satu sumber yang menyebabkan kondisi lingkungan menjadi menurun kualitasnya, bukan
hanya karena secara estetika, tetapi lebih penting lagi, karena sampah merupakan salah satu sektor sumber emisi Gas Rumah Kaca yang berbahaya bagi kerusakan atmosfir; yang akan memberikan dampak buruk pada kehidupan masyarakat.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 OPA PATAS (Organisasi Pecinta Alam Pasuruan Tanpa Batas) menginisiasi dan mengajak komunitas-komunitas lain di seluruh Kota Pasuruan untuk melakukan pembersihan sampah di area pesisir Kelurahan Panggungrejo, kegiatan ini telah dilakukan pada hari Minggu, 20 Februari 2022.Kegiatan ini juga bertepatan dengan berlangsungnya Hari Jadi Kota Pasuruan ke 336 dengan tema “Kota Pasuruan Resik”. sampah yang berhasil dibersihkan dalam acra ini sebesar 2,6 ton. sampah tersebut merupakan sampah residu yang kebanyakan berupa plastik dan kain, hasil sampah langsung masuk ke TPA Blandongan Kota Pasuruan.

About Admin

Check Also

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup 2022 Kota Pasuruan